Isi Trikora dan Kepentingan Bung Karno atas Papua Barat

FB_IMG_1480575648874.jpg

Ist. Melanesia Story.

Ketika Papua Barat Masih Menjadi daerah adalah Sengketa Akibat perebutan wilâyah ITU ANTARA Indonesia Dan Belanda, Tuntutan rakyat Papua Barat untuk review merdeka sebagai gatra merdeka Sudah ADA JAUH SEBELUM Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. [1] Memasuki Tahun 1960-an para Politisi Dan negarawan Papua Barat Yang terdidik lewat sekolah Polisi Dan SEBUAH sekolah Pamongpraja ( Bestuurschool ) [2] di Jayapura (Hollandia), DENGAN mendidik 400 orangutan ANTARA Tahun 1944-1949 mempersiapkan Kemerdekaan Papua Barat.

Selanjutnya differences desakan para Politisi Dan negarawan Papua Barat Yang terdidik, Maka Pemerintah Belanda membentuk Nieuw Guinea Raad (Dewan Nieuw Guinea). [3] Penghasilan kena pajak melakukan different Persiapan Disertai DENGAN perubahan politik Yang Cepat Akibat ketegangan Indonesia Dan Belanda, Maka dibentuk Komite Nasional Yang beranggotakan 21 orangutan untuk review membantu Dewan Nieuw Guinea hearts mempersiapkan Kemerdekaan Papua Barat. Komite Penyanyi akhirnya dilengkapi DENGAN 70 orangutan Papua Yang berpendidikan Dan BERHASIL melahirkan Manifesto Politik: [4]

Pengibaran bendera Bintang Kejora, Penghasilan kena pajak persetujuan Dari Komite Nasional, Maka Bendera Bintang Kejora dikibarkan PADA 1 Desember 1961 di Hollandia, Sekaligus “Deklarasi Kemerdekaan Papua Barat”. Bendera Bintang Kejora dikibarkan di Samping bendera Belanda, Dan lagu kebangsaan “Hai Tanahku Papua” dinyanyikan Penghasilan kena pajak lagu kebangsaan Belanda “Wilhelmus”. Deklarasi Kemerdekaan Papua Barat Penyanyi Oleh disiarkan Radio Belanda Dan Australia. Momen Inilah Yang Menjadi Deklarasi Kemerdekaan Papua Barat Beroperasi de facto [5] Dan de jure [6] sebagai SEBUAH gatra Yang merdeka Dan berdaulat.

Alasan Pencaplokan Papua Barat Oleh Indonesia

Walaupun Papua Barat has mendeklarasikan Diri sebagai gatra Yang merdeka Dan berdaulat, tetapi Kemerdekaan ITU Hanya berumur 19 hari, KARENA Tanggal 19 Desember 1961 Presiden Soekarno mengeluarkan Tri Komando Rakyat di Alun-alun Utara Yogyakarta Yang isinya:

  1. Gagalkan Pembentukan “Negara Boneka Papua” Buatan Belanda Kolonial
  2. Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat Tanah Air Indonesia
  3. Bersiaplah untuk review mobilisasi Sales manager guna mempertahankan Kemerdekaan Dan Kesatuan Tanah Air Dan Bangsa.

Realisasi Dari isi Trikora Penyanyi, Maka Presiden Soekarno sebagai Panglima Besar Komando Tertinggi Pembebasan Irian Barat mengeluarkan Keputusan Presiden No 1 Tahun 1962 Yang memerintahkan ditunjukan kepada Panglima Komando Mandala, Mayor Jendral Soeharto untuk review melakukan Operasi Militer Ke wilâyah Irian Barat untuk review merebut wilâyah ITU Dari serbi Belanda .

Akhirnya dilakukan beberapa Gelombang Operasi Militer di Papua Barat DENGAN satuan Militer Yang diturunkan untuk review Operasi lewat Udara hearts fase infiltrasi seperti Operasi Banten Kedaton, Operasi Garuda, Operasi Serigala, Operasi Kancil, Operasi Naga, Operasi Rajawali, Operasi Lumbung, Operasi Jatayu. Operasi lewat laut Adalah Operasi Show Rorce, Operasi Cakra, Dan Operasi Lumba-lumba. Sedangkan PADA fase eksploitasi dilakukan Operasi Jayawijaya Dan Operasi Khusus (Opsus). [7]  through Operasi Penyanyi wilâyah Papua Barat diduduki, Dan dicurigai Banyak orangutan Papua Yang has dibantai PADA Waktu ITU.

Mengapa Soekarno Sangat “keras kepala” hearts merebut wilâyah Papua Barat untuk review memasukannya Ke hearts wilâyah Negara Kesatuan Republik Indonesia? Soekarno mempunyai empat dalam Alasan Utama hearts pencaplokan Papua Barat Ke wilâyah Indonesia. Keempat Alasan ITU Adalah Klaim Yang dipegang Oleh Indonesia sebagai tindakan pembenaran Kekuasaan differences wilâyah Papua Barat. Keempat Klaim ITU Adalah: [8]

  1. Papua Barat dianggap sebagai Bagian Dari Kerajaan Majapahit.
  2. Kepulauan Raja Ampat di daerah adalah kepala burung, Papua Barat, Oleh sultan Tidore Dan Soekarno diklaim sebagai Bagian Dari Kesultanan Tidore. Kesultanan Tidore diklaim Oleh Soekarno sebagai Bagian Dari daerah adalah “Indonesia Bagian Timur”.
  3. Papua Barat diklaim sebagai Bagian Dari gatra bekas Hindia Belanda.
  4. Soekarno Yang anti barat Ingin menghalau pengaruh imperialisme barat di Asia Tenggara. Di Samping ITU, Soekarno memiliki Ambisi Hegemoni untuk review mengembalikan Kejayaan Kerajaan Majapahit (Ingat: “Ganyang Malaysia”), termasuk Papua Barat Yang ketika ITU Masih dijajah Oleh Belanda. Mungkin also Soekarno memiliki Perasaan Curiga, bahwa Pemerintah Nederlands Nieuw Guinea di Papua Barat akan merupakan benteng Belanda untuk review sewaktu-Waktu can be menghancurkan Negara Indonesia. Hal Penyanyi dihubungkan DENGAN aksi Militer Belanda Yang Kedua ( tweede politionele aktie ) PADA 19-12-1948 untuk review menghancurkan gatra RI.

Apakah keempat Klaim – sebagai Alasan mengusai Papua Barat – Penyanyi Benar? Mari kitd buktikan.

  1. Klaim differences Kekuasaan Majapahit

Kerajaan Majapahit (1293-1520) lahir di Jawa Timur Dan memperoleh kejayaannya di Bawah raja Hayam Wuruk Rajasanagara (1350-1389). Ensiklopedi-ensiklopedi di negeri Belanda Memuat Ringkasan Sejarah Majapahit, bahwa “Batas Kerajaan Majapahit PADA jaman Gajah Mada mencakup sebagian gede daerah adalah Indonesia”. Sejarawan Indonesia mengklaim bahwa Batas Wilayah Majapahit terbentang Dari Madagaskar Hingga Ke pulau Pas (Chili).

Hingga Saat Penyanyi Belum ditemukan Bukti-Bukti Sejarah Berupa ceritera tertulis maupun lisan ATAU Benda-Benda Sejarah lainnya Yang can be digunakan sebagai bahan-Bahan Ilmiah untuk review MEMBUAT Suatu Analisa DENGAN Definisi Yang Tepat bahwa Papua Barat PERNAH merupakan Bagian Dari Kerajaan Majapahit. Mengklaim Papua Barat sebagai Bagian Dari Kerajaan Majapahit tentunya Sangat meragukan, KARENA Soekarno TIDAK memenuhi Prinsip-Prinsip MEMBUAT Analisa Dan Definisi Sejarah Yang Tepat, khususnya Sejarah tertulis.

Berkaitan DENGAN Kekuasaan wilâyah Kerajaan Majapahit di Indonesia, Beroperasi Jelas dijelaskan Panjang Lebar Oleh Prof. Dr. Slamet Muljana, bahwa Kekuasaan Kerajaan Majapahit, hearts Nagarakretagama pupuh 13 Dan 14 disebutkan bahwa Kerajaan Majapahit mempunyai wilâyah Yang Luas Sekali, baik di kepulauan Nusantara maupun di Semenanjung Melayu. Pulau-pulau di Sebelah timur pulau Jawa Yang memucat JAUH tersebut hearts pupuh 14/15 ialah deretan pulau Ambon Dan Maluku, Seram Dan Timor; semenajung Melayu disebut nama-nama di Langkasuka, Kelantan, Tringgano, Paka, Muara Dingin, Tumasik, Klang, Kedah, Jerai. Demikianlah, wilâyah Kerajaan Majapahit PADA zaman Hayam Wuruk * Menurut Nagarakretagama meluputi wilâyah Yang LEBIH Luas Dari PADA Negara Republik Indonesia Sekarang. Hanya Irian Yang TIDAK tersebut sebagai Batas Yang terjauh di Sebelah timur. Boleh dikatakan bahwa Batas Sebelah timur Kerajaan Majapahit ialah kepulauan Maluku. [9] INI Berarti Papua Barat TIDAK MASUK hearts Kekuasaan Kerajaan Majapahit. KARENA ITU Sudah Jelas bahwa Soekarno has memanipulasikan Sejarah.

  1. Klaim differences Kekuasaan Tidore

Di hearts Suatu pernyataan Yang di lakukan ANTARA sultan Tidore DENGAN VOC PADA Tahun 1660, Beroperasi sepihak sultan Tidore mengklaim bahwa kepulauan Papua ATAU pulau-pulau Yang termasuk di dalamnya merupakan daerah adalah Kesultanan Tidore.

Soekarno mengklaim bahwa Kesultanan Tidore merupakan “Indonesia Bagian Timur”, Maka Papua Barat merupakan daripadanya Bagian. Di Samping ITU, Soekarno mengklaim bahwa raja-raja di kepulauan Raja Ampat di daerah adalah kepala burung, Papua Barat, PERNAH mengadakan Hubungan DENGAN sultan Tidore.

Apakah kedua Klaim Dari sultan Tidore Dan Soekarno can be dibuktikan Beroperasi Ilmiah? Gubernur kepulauan Banda, Keyts melaporkan PADA Tahun 1678 bahwa dia TIDAK menemukan Bukti adanya Kekuasaan Tidore di Papua Barat. PADA Tahun 1679 Keyts menulis Lagi bahwa sultan Tidore TIDAK Perlu dihiraukan di hearts HAL Papua Barat.

* Menurut Laporan Dari Kapten Thomas Forrest (1775) Dan Dari Gubernur Ternate (1778) Terbukti bahwa Kekuasaan Sultan Tidore di Papua Barat betul-betul TIDAK kelihatan.

PADA Tanggal 27 Oktober 1814 Dibuat SEBUAH Kontrak ANTARA sultan Ternate Dan Tidore Yang disaksikan Oleh Residen Inggris, bahwa Seluruh kepulauan Papua Barat Dan distrik-distrik Mansary, Karandefur, Ambarpura Dan Umbarpon PADA pesisir Papua Barat (daerah adalah Sekitar Kepala Burung) akan dipertimbangkan kemudian sebagai Milik Sah sultan Tidore.

Kontrak Penyanyi Dibuat di Luar ketahuan Dan keinginan Rakyat Papua Barat. Different Penulis melaporkan, bahwa Yang diklaim Oleh sultan Tidore DENGAN nama di Papua Adalah pulau Misol. Bukan Daratan Seluruhnya Papua.

Ketika Sultan Tidore mengadakan Perjalanan keliling Ke Papua Barat Pada Bulan Maret 1949, rakyat Papua Barat TIDAK menunjukkan keinginan mereka untuk review Menjadi Bagian Dari Kesultanan Tidore. Adanya raja-raja di Papua Barat Bagian Barat, sama Sekali TIDAK can be dibuktikan DENGAN Teori yang Benar. Lahirnya sebutan mitos Dari berasal ‘Raja Ampat’. Raja Ampat berasal Dari telur burung Maleo (ayam hutan). Dari telur-telur ITU lahirlah Anak-Anak Manusia which are Menjadi raja.

Mitos Penyanyi Bukti memberikan, bahwa TIDAK PERNAH Terdapat raja-raja di kepulauan Raja Ampat * Menurut Kenyataan Yang sebenarnya. Rakyat Papua Barat PERNAH Mengenal Seorang Pemimpin armada laut asal Biak: Kurabesi, Yang * Menurut FC Kamma, PERNAH mengadakan penjelajahan Sampai ke Ujung barat Papua Barat. Kurabesi kemudian kawin DENGAN putri sultan Tidore. Adanya armada Kurabesi can be memberikan kesangsian Terhadap kehadiran Kekuasaan Asing di Papua Barat.

PADA Tahun 1848 dilakukan Suatu Kontrak rahasia ANTARA Pemerintah Hindia Belanda (Indonesia jaman Belanda) DENGAN Sultan Tidore di mana pesisir barat-laut Dan barat-Daya Papua Barat merupakan daerah adalah teritorial Kesultanan Tidore. Hal Penyanyi dilakukan DENGAN Harapan untuk review mencegah digunakannya Papua Barat sebagai Papan-loncat penetrasi Inggris Ke kepulauan Maluku. Di hearts HAL Penyanyi Tidore Sesungguhnya Hanya merupakan bawahan proporsi (Hubungan ANTARA seorang yang menduduki tanah DENGAN Janji memberikan Pelayanan Militer ditunjukan kepada tuan tanah) Terhadap Kedaulatan Kekuasaan Belanda, tulis CSIJ Lagerberg. Sultan Tidore diberikan Mandat Oleh Pemerintah Hindia Belanda Tahun 1861 untuk review mengurus Perjalanan hongi (hongi-tochten, di dalam Bahasa Belanda). Ketika ITU Banyak Pelaut asal Biak Yang berhongi (Berlayar) Sampai ke Tidore. * Menurut CSIJ Lagerberg hongi asal Biak merupakan pembajakan laut, TAPI * Menurut bekas-bekas Pelaut Biak, hongi ketika ITU merupakan usaha menghalau penjelajah Asing. Pengejaran Terhadap penjelajah Asing ITU dilakukan Hingga Ke Tidore. Untuk review Menghadapi para penghalau Dari Biak, sultan Tidore diberi Mandat Oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Jadi, justru Yang Terjadi ketika ITU Bukan Suatu Kekuasaan Pemerintahan differences teritorial Papua Barat. Penghasilan kena pajak PADA Tahun 1880-an Jerman Dan Inggris Beroperasi Nyata menjajah Papua Nugini, Maka Belanda also Beroperasi Nyata memulai penjajahannya di Papua Barat PADA Tahun 1898 DENGAN membentuk doa Bagian Tertentu di hearts Pemerintahan otonomi ( zelfbestuursgebied ) Tidore, Yaitu Bagian Utara DENGAN Ibukota Manokwari Dan Bagian Selatan DENGAN Ibukota Fakfak. Jadi, ketika ITU daerah adalah Pemerintahan Manokwari Dan Fakfak berada di Bawah Keresidenan Tidore.

Mengenai Manipulasi Sejarah berdasarkan Kekuasaan Tidore differences wilâyah Papua Barat Penyanyi, Dr George Junus Aditjondro menyatakan bahwa:

“Kita mempertahankan Papua Barat KARENA Papua Barat Adalah Bagian Dari Hindia Belanda. Itu differences APA dasar dasar? Hanya KARENA Kesultanan Tidore mengklaim bahwa dia menjajah Papua Barat Sampai teluk Yotefa mungkin? Maka kemudian, ketika Tidore ditaklukan Oleh Belanda, Belanda Belum merasa otomatis get hak differences penjajahan Tidore? Belanda Mundur, Indonesia Punya hak differences SEMUA eks-jajahan Tidore? Itu kan Suatu mitos. Sejak Kapan different daerah adalah di Papua barat takluk ditunjukan kepada Tidore? … Saya kira TIDAK. Yang ADA Adalah Hubungan Vertikal ANTARA Tidore dan Papua Barat, TIDAK ADA Kekuasaan Tidore untuk review menaklukan Papua Barat. Atas dasar dasar ITU, Klaim bahwa Indonesia berhak differences Seluruh Hindia Belanda dulu, merupakan imajinasi. ” [10]

Dari Uraian di differences can be disimpulkan bahwa Soekarno has Terbukti memanipulasikan Sejarah untuk review mencaplok Papua Barat. KARENA wilâyah Papua Barat TIDAK MASUK hearts Kekuasaan Tidore.

  1. Klaim differences Kekuasaan Hindia Belanda

Beroperasi historis penjajahan, Papua Barat Sesungguhnya Bukan Bagian Dari Wilayah Republik Indonesia, KARENA Papua Barat Bukan Bagian Dari Hindia Belanda. PADA Tanggal 24 agustus 1828 di Lobo, Teluk Triton Kaimana (Pantai Selatan Papua Barat) diproklamasikan di bawah penguasaan Papua Barat Oleh Sri Baginda Raja Nederland. Sedangkan di Bogor, 19 Februari 1936 hearts Lembaran Negara Hindia Belanda disepakati TENTANG pembagian daerah adalah teritorial Hindia Belanda, Yaitu Sabang Sampai Amboina TIDAK termasuk Papua Barat (Nederland Neil Guinea). [11]

Also Perlu diingat bahwa walaupun Papua Barat Dan Indonesia sama-sama merupakan jajahan Belanda, namun administrasi Pemerintahan Papua Barat diurus Beroperasi terpisah. [12] Indonesia dijajah Oleh Belanda Yang Kekuasaan kolonialnya dikendalikan Dari Batavia (Sekarang Jakarta), Kekuasaan Batavia Inilah Yang has menjalankan penjajahan Belanda differences Indonesia, Yaitu Mulai dari Sabang Sampai Amboina (Hindia Belanda). Kekuasaan Belanda di Papua Barat dikendalikan Dari Hollandia (Sekarang Pelabuhan Numbay), DENGAN Batas Kekuasaan Mulai dari Kepulauan Raja Ampat Sampai Merauke (Nederland Nieuw Guinea). [13]

Selain ITU Saat tertanam Dan tercabutnya kesemek penjajahan Belanda diPapuaBarat TIDAK bertepatan Waktu DENGAN Yang Terjadi di Indonesia. Kurun Waktunya BERBEDA, di mana Indonesia dijajah selama Tiga Setengah Abad sedangkan Papua Barat Hanya 64 Tahun (1898-1962). Tanggal 24 Agustus 1828, ratu Belanda mengeluarkan pernyataan sepihak bahwa Papua Barat merupakan Daerah Kekuasaan Belanda. Beroperasi Politik Praktis, Belanda memulai penjajahannya PADA Tahun 1898 DENGAN pos menanamkan Pemerintahan Pertama di Manokwari (untuk review daerah adalah barat Papua Barat) dan DI Fakfak (untuk review daerah adalah Selatan Papua Barat. Tahun 1902, pos Pemerintahan lainnya Dibuka di Merauke di mana daerah adalah tersebut terlepas Dari Lingkungan teritorial Fakfak. Tanggal 1 Oktober 1962 Belanda menyerahkan Papua Barat Ke hearts PBB.

Dari Uraian di differences can be disimpulkan bahwa Soekarno has Terbukti memanipulasikan Sejarah untuk review mencaplok Papua Barat. KARENA wilâyah Papua Barat TIDAK MASUK hearts Kekuasaan Hindia Belanda.

  1. Menghalau Pengaruh Imperialisme Barat di Asia Tenggara.

Soekarno mengancam akan memohon Dukungan Dari Pemerintah bekas Uni Sovyet untuk review menganeksasi Papua Barat JIKA Pemerintah Belanda TIDAK bersedia menyerahkan Papua Barat Ke serbi Republik Indonesia. Pemerintah Konsultasi Kesehatan, Hukum (AS) PADA Waktu ITU Sangat Takut akan jatuhnya gatra Indonesia Ke hearts Komunis Blok. Soekarno dikenal Oleh Dunia barat sebagai Seorang Presiden Yang Sangat anti imperialisme barat Dan pro Blok Timur. Pemerintah Konsultasi Kesehatan, Hukum Ingin mencegah kemungkinan terjadinya Perang Fisik ANTARA Belanda Dan Indonesia.

Maka Konsultasi Kesehatan, Hukum memaksa Pemerintah Belanda untuk review menyerahkan Papua Barat Ke serbi Republik Indonesia. Di Samping menekan Pemerintah Belanda, Pemerintah AS berusaha mendekati Presiden Soekarno. Soekarno diundang untuk review berkunjung Ke Washington (Konsultasi Kesehatan, Hukum) PADA Tahun 1961. Tahun 1962 Utusan Pribadi Presiden John Kennedy Yaitu Jaksa Agung Robert Kennedy mengadakan Kunjungan Balasan ke Indonesia untuk review membuktikan keinginan Konsultasi Kesehatan, Hukum TENTANG Dukungan ditunjukan kepada Soekarno di hearts usaha menganeksasi Papua Barat.

Untuk review mengelabui mata Dunia, Maka Proses Pengambil-alihan Kekuasaan di Papua Barat dilakukan through Jalur hukum internasional Beroperasi sah DENGAN dimasukkannya masalah Papua Barat agenda Ke hearts Majelis Umum PBB PADA Tahun 1962. Dari hearts Majelis Umum PBB dibuatlah Perjanjian New York 15 Agustus 1962 Yang mengandung ” Act of Free Choice ” (Pernyataan Bebas Memilih). Act of Free Choice kemudian diterjemahkan Oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai PEPERA (Pernyataan Pendapat Rakyat) Yang dilaksanakan PADA Tahun 1969.

Sumber:  http://www.ampnews.org /